PEMANFAATAN POHON TUMBANG MENJADI KARYA MEBEL

Artikel - 30-07-2019 11.50

Pemanfaatan Pohon Tumbang Menjadi Karya Mebel

               Pohon beringin adalah sebuah tanaman yang berkayu dan berukuran besar. Nama latin tanaman beringin adalah Ficus benjamina L. Sedangkan dalam bahasa inggris nama tanaman beringin adalah Weeping fig atau benjamin tree. Tanaman beringin ini mempunyai ciri-ciri dengan akar gantung. Akar gantung tanaman beringin berfungsi untuk menyerap air dan mineral serta membantu pernafasan tanaman tersebut.  Umur tanaman beringin ini bisa mencapai ratusan tahun.

          Fungsi tanaman beringin biasanya digunakan sebagai tanaman peneduh di   jalan dan tanaman hias bonsai yang ditaruh didepan rumah. Di kampus Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya memiliki beberapa pohon beringin yang berfungsi sebagai tanaman peneduh. Namun suatu hari tanaman yang batangnya dapat membesar karena memiliki banyak akar gantung ini tumbang karena akarnya tidak kuat menompang batang dan dahannya yang semakin lebat.

                                     

                                    

      Tidak tinggal diam saja, mahasiswa S1 Desain Produk Stikom Surabaya angkatan 2016 memanfaatkan batang pohon tersebut untuk dijadikan benda kriya. Proses pengerjaan dilakukan selama satu semester, mulai dari pemilihan batang, pengamplasan, pemotongan hingga finishing.

        

          Seperti pada pribahasa “Tiada Rotan, Akar Pun Jadi”, peribahasa ini mengingatkan kita agar selalu mengupayakan dan mengoptimalkan sumber daya guna apa saja, walaupun sumber daya itu bukan merupakan barang utama yang berkualitas bagus. Siapa sangka kalau dulu hanya batang pohon yang tergeletak tumbang dan sekarang menjadi barang furniture/mebel berkelas mewah dan memiliki harga jual.

                                      

                                      

                                           

 

Salam,

Desprogress